Sabtu, 05 Desember 2009

Service 3ROL XBOX360

MEMPERBAIKI 3ROL CODE 0100 PADA XBOX360

Salam… (Kacian ni blog dah lama gak diupdate)

Berawal dari pengalaman pribadi...ana pernah punya Xbox360 (sekarang dah dijual>>>gak nanyain yach???). Suatu ketika Xboxku kena 3ROL! Waduh gimana neh...Ternyata biaya servicenya mahal (mulai 250 rebu ampe 650 rebu! bayangin). Tapi daripada ngebangke...yah terpaksa diservice, dan dikit-dikit ana ngintip cara servicenya gimana. Ternyata (pikirku) service sendiri juga bisa kalo kayak genemah. Eh ternyata benar, suatu saat karena terlalu lama dipake (anakku) kena lageh 3ROL. Trus ana googling bwat nyari bahan tambahan cara memperbaikinya, dan alhamdulillah berhasil.

Ana membuat ini untuk membantu siapa saja yg mengalami penderitaan dengan 3 cahaya merah (3ROL/ROD) pada xbox 36 dimana saja dan ada banyak perdebatan di bagaimana menetapkan ini.

Metode ini meliputi pembongkaran xbox kamu dan jika kamu ikuti instruksi ini pasti akan mendapatkan hasil baik, akan tetapi jika kamu tidak yakin tentang apa saja, tolong TANYA terlebih dahulu sebelum kamu mengerjakannya, karena saya tidak bertanggung jawab atas beberapa kerusakan yang kamu lakukan ke sistem kamu.

Pertanyaan, kritikan dan sebagainya (ana siap bantu free!) silahkan tujukan ke :

adhemaman@gmail.com atau adhemaman@yahoo.com

CP/SMS : 085693639360 atau 08812030610


I. METODE PENGHAPUS (RUBBER TRICK)

LANGKAH PERTAMA : PERSIAPKAN ALAT

  • Satu buah penghapus kotak (gak masalah warnanya apa)

  • Obeng pipih/minus yang sangat kecil

  • Obeng T/bintang (segi enam) ukuran 8 dan 10

  • Dobel tip (isolasi dua sisi)

Semua alat tersebut mudah didapat (penghapus & dobeltip di took buku, sedangkan obeng bisa didapat di supermarket atau toko elektonik)

LANGKAH KEDUA : MEMBONGKAR XBOX 360

PERINGATAN : Jika kamu benar2 nggak yakin memperbaiki dengan cara ini yang harus membongkar Xbox, maka kamu bisa menggunakan metode handuk (tapi cara ini tidak saya sarankan!!! Karena metode handuk hanya temporer dan tidak memecahkan masalah 3ROL)

  1. Pertama, buka penutup depan cukup dengan menggunakan jari tangan dengan menarik ujungnya saja. Lalu setelah penutup terlepas, perhatikan kunci-kuncinya, congkel kunci-kunci yang ditunjukkan dengan panah merah dengan menggunakan obeng pipih kecil




  1. Jika masih ada MS Seal (stiker garansi) copot saja jika garansinya sudah expire (habis) tapi kalo masih berlaku mendingan ke Service Center-nya aja servisnya.

  2. Sekarang lihat bagian sisi-sinya terdapat lubang-lubang kecil yang banyak, lalu colok dan tekan serta arahkan ke bagian luar pada lubang yg berisi kuncian berwarna abu-abu (penutup sisi xbox).


  1. Sekarang perhatikan bagian belakangnya, terdapat beberapa titik/lubang kecil yang berfungsi sebagai kunci-kunci. Gunakan kembali obeng kecil, mulai dari kiri atau kanan tidak masalah. Colok dan tekan pada lubang kunci tersebut hingga terdengar/terasa bunyi klik. Lakukan hal tersebut pada semua lubang/kunci sehingga tutup bawah bisa dibuka.

  1. Setelah tutup bawah xbox terlepas, perhatikan skrup-skrup yang ada pada bingkai luar, lalu copotlah sekrup2 (ditandai dengan lingkaran berwarna pada gambar) tersebut dengan menggunakan obeng T/segi enam ukuran 10. Lihat Gambar berikut :


  1. Setelah semua skrup dicopot, Lalu balikkan dengan hati-hati

  2. Copot DVD drivenya (perhatikan posisi jack/power saat dicopot dari DVD agar pada saat pemasangan kembali tidak lupa)

  3. Copot penutup Fan/kipas yang berwarna putih (lihat titik yang harus ditekan terlebih dahulu dengan menggunakan obeng pipih kecil).

  4. Sekarang copot fan/kipasnya, copot dahulu powernya lalu lihat titik yg harus ditekan terlebih dahulu.




  1. Sekarang copot RF Module yang ada di bagian depan xbox. Copot dahulu plastic putih dengan menggunakan jari tangan, lalu copot skrup2nya dengan kunci T ukuran 8. Lihat gambar :

  1. Jika RF module sudah dicopot, maka motherboard sudah bisa dicopot/diangkat dari bingkai/cashing. Lakukan dengan dengan hati-hati. Inilah gambaran motherboardnya:











LANGKAH KETIGA : TAHAP PERBAIKAN

  1. Sekarang lihat bagian bokongnya (hehe maaf berjanda). Perhatikan baik-baik, yang akan diperbaiki adalah 4 titik RAM (Random Access Memory) seperti ditunjukkan oleh panah pada gambar :





  1. Jika keempat titik RAM tersebut polos (alias berbentuk IC hitam tanpa tempelan) maka itu bagus. Tapi jika sudah ada tempelan (seperti pada figure 1), bukalah tempelan tersebut dengan hati-hati, jangan gunakan benda tajam seperti pisau, silet, cutter dan sebagainya karena bisa merusak RAM! Cukup gunakan jari tangan saja. Jika sudah dicopot maka persisnya seperti gambar disamping.


  1. Sekarang yang diperlukan adalah penghapus. Ingat! Gunakan penghapus yang baik bukan bekas atau kotor. Iris penghapus dengan ketebalan maksimal 4mm (0.4 cm) sehingga didapatkan 4 buah penghapus yg sudah diiris. Lalu tempelkan penghapus tersebut pada RAM dengan menggunakan dobel tip (isolasi dua sisi). Lihat gambar :


  1. Ya sudah gitu aja….


LANGKAH KEEMPAT : MERAKIT KEMBALI

Pada tahapan ini kamu tinggal mengikuti LANGKAH KEDUA dengan urutan proses terbalik. Mudah kan? Tapi ingat, lakukan dengan hati-hati ya.

LANGKAH KELIMA : NYALAKAN

Pada langkah ini, pada sebagian atau kebanyakan kasus, 3ROL masih tetap terjadi. Tetapi kamu jangan cemas, hal itu memang wajar. Yang perlu kamu lakukan adalah me-REHEAT (memanaskan) xbox, caranya cukup nyalakan xbox dalam keadaan 3ROL selama 15-20 menit. Setelah itu matikan, dan dinginkan/diamkan minimal 20 menit. Lalu tes/nyalakan dan…..


VOILA!!!

...SELAMAT XBOX360 KAMU HIJAU KEMBALI…



II. METODE HANDUK (TOWEL TRICK)

Metode ini adalah metode yang paling mudah untuk mengembalikan 3ROL menjadi hijau kembali. Tetapi metode ini saya TIDAK SARANKAN karena bukan untuk memperbaiki, tapi hanya bersifat sementara (nggak lama lagi bakal 3ROL lagi).

LANGKAH PERTAMA :

Persiapkan 2 atau 3 buah handuk ukuran sedang atau besar.

LANGKAH KEDUA :

Bungkus Xbox dengan handuk sehingga lubang ventilasi (lubang keluar angin) tertutup.

LANGKAH KETIGA :

Nyalakan xbox sampai 15-20 menitan.

LANGKAH KELIMA :

Matikan dan tunggu minimal 20 menit agar Xbox dingin kembali. Sudah.



1 komentar:

Anonim mengatakan...

Makasih banyak ya kang...saya sangat terbantu sekali dengan posting ini. Sekarang Xbox saya sembuh dari 3ROL tanpa harus mengeluarkan biaya besar.

Berkarya terus ya!!!